*TSd0TUWlBUC0Gpz9GSO9GpMlBA==*

10 Komoditas Pertanian Terbesar di Indonesia

Kelapa sawit Foto: Pixabay.com

Tanikita.com - Komoditas pertanian adalah produk-produk yang dihasilkan dari sektor pertanian. Ini termasuk tanaman pangan, seperti gandum, beras, jagung, kedelai, kentang, dan gula. Komoditas pertanian juga meliputi buah-buahan seperti apel, jeruk, pisang, mangga, dan stroberi, serta sayuran seperti tomat, wortel, bawang, dan kubis.

Selain itu, komoditas pertanian juga mencakup produk hewan seperti daging sapi, daging ayam, telur, susu, dan produk olahan seperti keju dan mentega. Komoditas pertanian juga mencakup produk-produk non-pangan seperti kapas, karet, dan kayu.

Komoditas pertanian memiliki peran penting dalam menyediakan makanan bagi populasi dunia, sebagai bahan baku untuk industri makanan dan minuman, serta sebagai sumber bahan baku untuk industri tekstil, farmasi, dan bioenergi. Pertanian merupakan sektor ekonomi yang penting di banyak negara dan komoditas pertanian memainkan peran kunci dalam perdagangan internasional.

Berikut ini kami sampaikan 10 Komoditas Pertanian unggulan di Indonesia:


1. Kelapa Sawit

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Berdasarkan data Food & Agriculture (FAO), komoditas pertanian paling banyak diproduksi Indonesia adalah kelapa sawit. Pada 2020, produksi kelapa sawit di Indonesia tercatat sebesar 256,5 juta ton.

Produksi kelapa sawit yang banyak di Indonesia didukung oleh luas arealnya. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, luas areal kelapa sawit di Tanah Air mencapai 14,8 juta hektare pada 2020. Riau tercatat sebagai daerah dengan lahan sawit terluas sebesar 2,8 juta hektare.


2. Padi

Selain kelapa sawit, Indonesia juga dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara bahkan dunia. Sebutan itu muncul lantaran produksinya yang tinggi di Tanah Air. Data FAO mencatat produksi padi di Indonesia sebesar 54,6 juta ton, 


3. Beras

Produksi beras (setara dengan beras yang digiling) sebesar 36,45 juta ton.


4. Tebu

Komoditas lainnya yang juga banyak diproduksi di Indonesia adalah tebu sebesar 28,9 juta ton. 


5. Jagung 

Produksi Jagung sebesar 22,5 juta ton


6. Singkong 

Singkong dengan produksi sebesar  18,3 juta ton.


7. Kelapa

Produksi Kelapa di Indonesia sebesar 16.8 juta ton


8. Pisang

Produksi pisang di Indonesia sebesar 8,18 juta ton. 


9. Telur ayam 

Produksi telur ayam sebesar 5,04 juta ton 


10. Daging Ayam

Produksi daging ayam sebesar 3,7 juta ton.

Sumber; katadata.com

Comments0

Komentar dengan link tidak diperkenankan.

Type above and press Enter to search.