*TSd0TUWlBUC0Gpz9GSO9GpMlBA==*

Kabawetan Surga Wisata Alam

Kebun Teh Kabawetan Foto: Dwi Tyas Pambudi

Tanikita.com-
Apakah kamu sedang kepikiran berenang di kolam air sedingin es? Atau ingin menikmati hamparan kebun teh, bak permadani hijau seluas mata memandang. Atau sekadar ingin merasakan belaian kabut dingin selembut salju? Atau bahkan ingin berbagi pengetahuan tentang cara memetik teh dengan para gadis cantik yang ada di sini.

Datanglah ke desaku, di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, sepotong tanah subur warisan Illahi yang bertiang kan Bukit Kaba dan Bukit hitam serta beratapkan awan. Mengapa dinamakan Kabawetan, karena desa ini terletak di sebelah timur Bukit Kaba. Penunjuk arah mata angin bagi suku Jawa yang ada di sini, wetan adalah timur. Seandainya di sebelah utara mungkin namanya akan beda, bisa dinamakan Kabakulon atau Kabalor atau bahkan Kabakidul he he..

Di area kebun teh, kamu bisa menikmati indahnya permadani hijau ribuan meter yang berbukit dan berpunggung indah. Dengan iklim yang sejuk dan dingin. Kabut selembut salju, akan menerpa wajahmu dan konon cerita di sini kabutnya bisa mempercantik dan menghaluskan kulitmu. Tertarik?

Sumber Panas Bumi Foto: Dwi Tyas Pambudi

Bagi peminat petualangan alam liar, kamu bisa datang ke Bukit Hitam namanya. Bukit yang masih perawan, dan menyimpan segudang flora dan fauna, mendambakan untuk dijamah oleh para peneliti. Kamu tidak perlu membawa kompor, bila hanya untuk sekadar memasak air panas atau merebus telur. Cukup siapkan periuk. Kamu bisa manfaatkan panas bumi di sini. Air terjun setinggi 100 meter, hutan alami dan kawah aktif bisa kamu nikmati tanpa retribusi. Dan bila beruntung bisa kamu temukan rusa atau bahkan burung rangkong yang melintas.

Walaupun kami tak punya Pusat Latihan Gajah (PLG) seperti di Putri Hijau di Bengkulu Bagian Utara, namun kami juga mempunyai bukit yang menyerupai Gajah. Bentuk yang menyerupai Gajah sedang santai tergambar dalam sebuah bentang topografi alami di dalam area kebun teh. Masyarakat Kabawetan menyebutnya "bukit gajah".  Kamu pasti penasaran?

Air Terjun Bidadari Bukit Hitam Foto: Dwi Tyas Pambudi

Bicara Kopi, mungkin kamu belum tahu bahwa Kopi Kabawetan yang terbaik. Walaupun produk lokal, kopi yang kami produksi juga tidak kalah kualitasnya.  Kamu bisa nikmati beberapa varian kopi baik kopi arabika, robusta, sintaro atau jenis lain. Barista siap melayani sesuai dengan selera pengunjung. Nikmatnya kopi bisa kamu nikmati sambil menikmati belaian kabut sore yang dingin di ketinggian 1.100 Mdpl. Tak kalah pentingnya, kamu bisa belajar panen kopi sampai dengan mengolahnya menjadi kopi siap saji. Atau kamu pengin melihat produksi kopi luwak? Semua bisa kamu dapatkan di Kabawetan di Kampung Kopi yang kami punya.

Sebagai sentra pertanian dan peternakan kabawetan juga mempunyai produk susu segar dan diproduksi oleh petani di sini. Bagi adek-adek yang gemar minum susu, boleh juga. Minum susu sambil melihat proses pembuatannya. Dari proses memeras susu sampai bisa dinikmati. Tentunya akan menambah pengalaman adik-adik.

Festival Kopi Pada Acara Mountain Valley Festival Foto: Dwi Tyas Pambudi

Di pagi hari, kamu bisa temukan para petani dengan cangkul di pundak lalu lalang di desa ini. Untuk melaksanakan aktivitasnya bertani di kebun. Berbagai macam sayuran dan buah ditanam di sini. Kubis, brokoli, wortel, kentang, cabai, sawi. Kamu bisa dapatkan dengan harga murah, bahkan gratis bila sedang beruntung. Petani akan membagikan secara cuma-cuma untuk oleh-oleh buat kamu. Terkadang harga sayuran sangat murah bisa melatarbelakangi kamu mendapatkan sayuran gratis. Harga kubis pernah sampai dengan titik terendah Rp 250 bahkan pernah Rp 50. Kubis hanya dibagikan secara Cuma-cuma atau ditimbun di tanah dijadikan pupuk.

Kebun Teh Trisula (Teh Hijau) Foto: Dwi Tyas Pambudi

Spot-spot untuk swafoto bisa kamu temui di setiap sudut di desa ini. Semua tinggal kamu pilih, mau berlatarkan kebun teh, bukit hitam, air terjun, sentra sayuran atau hamparan padi sawah. Semua kamu bisa dapatkan dengan gratis alias tanpa retribusi.

Kunantikan dirimu di Kabawetan. Ajak keluarga ya.

Comments0

Komentar dengan link tidak diperkenankan.

Type above and press Enter to search.